Tuesday, September 23, 2008

Sempurnakan Puasa dengan Zakat

Tidak terasa hari kemenangan akan segera tiba. Hari ini tepatnya saya memposting blog ini kita sudah memasuki H-8 Idul Fitri 1429 H. Tentunya di bulan Ramadhan ini kita tidak hanya memiliki kewajiban untuk menahan rasa lapar dan haus serta hawa nafsu semata. Tapi kita juga masih punya ibadah wajib lainnya yaitu zakat.

Zakat semuanya pasti tahu ada dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal (harta). Mungkin untuk zakat mal terkhusus hanya untuk orang yang berlebih harta dalam hitungan hisab satu tahun. Maka wajib baginya keluarkan 2,5% dari jumlah kekayaannya. Tapi yang namanya zakat fitrah ini kudu banget. Pahala puasa kita akan menggantung apabila kita tidak menunaikan zakat.

Suatu hal yang harus dicatat dalam mengeluarkan zakat fitrah yaitu beras yang kita zakatkan (sebesar 2,5 kg) itu harus sama dengan apa yang kita makan bahkan kalau lebih baik jauh kan lebih baik. Misal, kalau kita makan beras Selancar(ups maaf sebut merk), jangan dunk kita zakat dengan beras BULOG.

Postingan saya ini sekedar mengingatkan, karena sebentar lagi Idul Fitri akan jelang. Sedangkan batas terakhir zakat adalah sebelum kita berangkat ke masjid/lapangan untuk salat Ied. Jadi jangan lupa ya temen-temen.

No comments: