Saturday, December 27, 2008

Resolusi di Tahun yang Akan Datang

Mungkin, posting ini postingan terakhir saya untuk tahun 2008 M dan 1429 H. So, in this chance saya ingin nulis resolusi saya di tahun yang akan datang, 2009 M dan 1430 H kebetulan tidak begitu berjauhan di dua kalendar ini.

Oke, kalau begitu gak usah berpanjang lebar saya akan menulis resolusi saya di tahun mendatang:

  1. Tetap eksis kuliah sampai tamat. Ya, berharap gak ada hal yang bisa halangin mimpi saya untuk mengejar gelar sarjana komputer ini. Sehingga bisa buat keluarga bangga.
  2. Mempunyai side job yang mumpuni, hingga dapat menambah penghasilan saya.
  3. Menyukseskan pernikahan kakak perempuan saya yang nomor 4 (di atas saya satu tingkat). Kalau saya, punya mimpi 12-12-12, kalau gak gini 20-12-2012, heheheheh.
  4. Bisa tingkatin iman, lebih giat ibadah. Terus terang, iman saya makin hari makin naik-turun.
  5. Punya kamera digital
  6. Punya motor sendiri, beneran susah kalau gak ada yang satu ini. Sekarang cuma punya SIM-nya doang, hehehe. Jadi kalau pake motor kakak dapat izin kemana aja, gak takut ditilang.
  7. Bisa nyetir (entah bagaimana caranya), hehehee...
  8. Bisa kurban di Idul Adha tahun depan (mudah2an ada rejeki lebih)
  9. Ganti hape baru.
  10. Makin disenengin orang, gak ada yang benci dan gak ada musuh.
  11. Banyak orang inget ulang tahun gua ntar (^_~).
Ya, untuk itu semua diperlukan usaha dan doa, hardwork. Tidak ada orang berhasil tanpa bekerja keras. Sebenarnya ada beberapa lagi wishlist saya untuk di tahun yang akan datang, tapi itu saja dulu. Sampai jumpa di postingan saya tahun depan.

SELAMAT TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1430 H DAN 1 JANUARI 2009 M.

Baca selengkapnya...

Friday, December 26, 2008

Temukan Jawaban PR dari Google

Duh, dapat PR nich dari Bu Rasyid, PR-nya katanya cari dengan google. Emang google ini serba bisa, cari contekan jawaban aja buat PR ginian bisa dia, hehehe.. Ya wes, saya kerjain dengan senang hati.

Tapi gak adil kalau saya gak kasih clue dari PR satu ini:

The rules are simple. Use google image to search the answers to the quetions below. Then you must choose a picture in the first page of results, and post it as your answer. After that tag 7 people.

#the age of next birthday













Yup, 2009 tar saya ulang tahun yang ke 20, ultahnya deketan lagi sama yang kasih PR :D. 20 tahun tapi tetep baby face kan?

#A place I’d like to travel
ITALIA
Kenapa saya ke ingin ke sini, karena saya kepingin banget dari sini ke Milan, terus kunjungi namanya Giuessepe Meazza, Stadion kebanggaan Inter Milan(kebayang foto-foto di sana dengan Ibra dkk.).










#A favorite place


Iya dunk, kalau soal tempat favorite, saya pilih rumah. Gak ada yang tempat yang lebih nyaman selain rumah, walau hanya dengan segala keterbatasan saya tetap bersyukur.








#A favorite food


Sebenarnya ada beberapa makanan yang sangat saya senangi, tapi saya pilih bakso. Kalau yang lain sih ada sate sama pempek (Palembang banget ya).











#A favorite thing
nokia 3500c
Sampai sekarang yang jadi benda favorit ya hape saya yang tipe ini. Hape pertama dari keringat saya sendiri.








#A favorite color

I like blue

Saya terlahir sebagai blueholic, warna biru itu terasa sangat menyejukkan. Saya sering sekali mendesain sesuatu atau beli baju warna ini.







#A city I was born & A city that I have lived in

Palembang
Lahir di kota ini, besar disini, sekolah dan kerja juga di kota ini. Ya saya cinta kota saya ini, terlebih saya memang putra daerah Palembang. Asli banget dan tulen, kulo ni wong Plembang nian.








#A nickname I had


BudakCakep
Yup, sejak saya kenal dunia maya, saya pakai nick ini, walau saya sering pakai yang lain kayak Musketeer, tapi entah kenapa saya lebih srek gitu dengan BudakCakep, lebih punya taste kayaknya.

#College Major




SISTEM INFORMASI



Yup saya kuliah di jurusan ini, konsentrasi desain dan pemrograman.

#Name of My Love








<---- Deasy Panca Rizky



#Bad Habit













Smoking.....



Malahan gak mau, tapi saya suka juga kalau pikiran lagi kacau.

#A hobby











Ya, I like football and futsal

#A wishlist












Nikon D40. Pengennya si atasnya, tapi minimal ini dulu sih yang pengen saya miliki, target tahun in gak tercapai, semoga tahun depan saya dapat memilikinya. Amin..

Done... PR telah saya selesaikan. Nah sebagai syarat dari PR ini, berikutnya akan saya lemparkan PR saya ke.
1. Mbak Anny
2. Deepoo
3. Kak Abie
4. Yuk Nitz
5. Lucy
6. Chic
7. Bunda Rie

Baca selengkapnya...

Tuesday, December 23, 2008

Buat Logo Nich....!!!

Ya, di kantor saya dapat tugas bikin logo buat contoh kasus di buku-buku yang disusun buat akreditasi, ehm gak pernah sekalipun bikin logo dengan ide sendiri, seringnya saya tracing biar dapat gambar yang memuaskan kalau lagi butuh satu logo, nah ini saya bikin iseng saja.

Maafkan kalau desain saya jelek, maklum pemula. Saya buat logonya dari Adobe Photoshop CS3 (pengen coba CS4 tapi kompi gak kuat, heheheh). Dari jam 10 pagi tadi sampe jam 3, saya berhasil membuat 5 buah logo yang di-request sama Triana.

Baca selengkapnya...

Monday, December 22, 2008

Caleg vs PNS

Ya, saya heran sekali sekarang ini dengan segala aturan yang ada. Mulai terakhir UU tentang hakim yang baru boleh pensiun di usia 70 tahun(gila aja, mampu gak ya ketuk palu dan berpikir terhadap perkara).

Tapi yang saya herankan adalah masalah persyaratan terhadap caleg vs PNS. Kita pikir aja, syarat kebanyakan PNS di berbagai daerah yaitu minimal D3, coba kita bayangkan caleg minimal SMA. Duh bagaimana bisa ya, caleg yang nantinya kedudukan lebih tinggi, tapi dari derajat pendidikan mereka di bawah calon PNS. Apa hanya cukup dengan modal uang saja.

Ya, maaf kalau saya salah tulis, di Palembang ini saja, banyak sekali di kampung-kampung itu bermunculan dari kalangan preman, bisa jadi caleg. Lo, bagaimana bisa mimpin rakyat, tiap malam sering saya lihat sang caleg mabuk-mabukan.


Caleg, itu gak sembarangan orang. Mereka itu wakil rakyat, kok bisa-bisanya ya calon wakil rakyat sembarangan orang. Sementara CPNS harus minimal D3, bagaimana dengan anak yang tamat dari SMA/SMK sedangkan mereka gak ada modal untuk jadi caleg, mau ikut CPNS gak masuk syarat, termasuk saya yang batal ikut gara-gara saya hanya tamat SMK.

Aneh ya, sekarang siapa yang "beruang" dia yang menang, padahal apa harus semua bisa dibeli dan dinilai dengan uang. Meski saya tidak munafik kalau uang emang kebutuhan, dan tujuan kita kerja mencari uang, tapi tidak harus dunk UUD (Ujung-Ujungnya Duit). Ya, ini sekedar tulisan dan kritik saja terhadap orang-orang yang lagi di atas. Serta harapan terhadap bos-bos perusahaan untuk memikirkan kesejahteraan karyawannya dan jangan asal PHK saja.

Baca selengkapnya...

Saturday, December 20, 2008

Happy B'day Echiku

Selamat ulang tahun buat someone yang bikin hari-hari ini penuh warna-warni. Yeah happy b'day buat Deasy Panca Rizky alias Echi, alias Tantenya Najwa.

Om Farhan doain yang terbaek buat Tante Echi...:)

Baca selengkapnya...

Wednesday, December 17, 2008

Cobaan Ini Sungguh Menghujamku

Fiuh... hari-hari yang sangat membuat saya seperti orang gila saja. Iya, masalah-masalah yang sungguh sangat memberatkan pikiran.

Mungkin kalau saya tidak di dua posisi ini saya mungkin tidak akan sampai sepikiran ini. Selain itu, mungkin kalau saya orang berada, bangsawan, saya juga tidak akan segelisah seperti ini. Tapi saya ini makhluk Allah yang lemah, yang usaha untuk dirinya, keluarga, dan masa depannya.

Bukan saya tidak bersyukur kepada Allah, tapi inilah batasan saya sebagai orang biasa. Berita tentang sesuatu yang harus dibayar dengan uang itu sungguh-sungguh sangat menghujam pikiran. Saya sudah capek dengan fisik, tapi kenapa saya harus masih makan hati, dan capek terhadap pikiran, yang seharusnya di usia yang masih 19 tahun ini, tidak sampai segitunya.

Ya, masalah ini sangat memberatkan, bagaimana saya bisa makan dan bantu keluarga lagi bila di saat semuanya harus pas-pasan datang lagi suatu hal baru lagi.

Ya Allah, Sungguhnya salatku, ibadahku hidupku dan matiku kuserahkan padaMu. Sampai kapanpun hanya padaMu ku berdoa dan meminta.

NB: PM saya jika ingin lebih taju masalahnya.

Baca selengkapnya...

Tuesday, December 09, 2008

Idul Adha yang Miris

Saya heran sekali tentang pola pikir manusia yang makin hari makin kacau saja. Idul Adha adalah hari besar yang seharusnya diisi dengan segala kegiatan yang tentunya berbau kecintaan antar sesama umat beragama, antar umat beragama yang berbeda dan umat beragama dengan pemerintah. Tetapi apa yang saya lihat kemarin di media-media benar-benar membuat saya istighfar berulang kali.

Mungkin kalau teman-teman pada lihat TV di seluruh stasiun swasta merasakan hal yang sama terhadap apa yang saya lihat. Ya, yang pertama adalah pembagian kurban yang harus berdesak-desakan sampai beberapa anak kecil serta nenek menjerit serta menangis kesakitan, hal yang terjadi di Jakarta, Surabaya dan di daerah lainnya.

Kedua adalah, hewan yang dikurbankan mengandung penyakit, yaitu cacing hati dan radang paru-paru, untungnya hal ini diselidiki oleh tim dari Dinas Peternakan hingga daging tidak sampai di tangan masyarakat yang mendapat jatah kurban, bayangkan kalau kita harus memakan daging yang mengandung penyakit.

Dan terakhir tradisi aneh yang terjadi beberapa daerah di Indonesia, yang saya lihat pertama adalah di Padang, mereka lebaran di tanggal 9 Dzulhijjah. Di daerah lain yaitu di daerah Jawa, mereka salat tidak memakai alas sama sekali di lapangan yang kita tidak tahu kebersihan terhadap lapangan itu sendiri, serta mereka menganggap kurban hanya kambing saja, nama alirannya yaitu Jamaah ....... Quran, (lupa depannya). Gila aja kata saya kemarin, padahal kita tahu Rasul mengajarkan kita tentang kebersihan, tapi mereka berdalih Rasul saja salat dulu seperti itu. Di daerah lain yaitu, di Ambon adanya tradisi bendera hijau, yang diambil dengan cara berebutan dan berdesak-desakan, bahkan ada yang melompat dari genteng rumah menimpa kerumunan manusia hanya untuk bendera hijau, yang katanya siapa yang mendapatkan bendera itu pada hari Idul Adha, dia nanti akan mendapat karunia, dan ke depannya akan menjadi pembesar di adat (duh bodoh amat ya).

Melihat kejadian itu, dari kemarin sampai pagi tadi, saya hanya terdiam serta berdoa jangan sampai di Palembang ada kejadian seperti itu. Amin...

Baca selengkapnya...

Tuesday, December 02, 2008

Amalan Bulan Dzulhijjah

Setidaknya ada delapan ibadah yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Melaksanakan ibadah haji dan umrah. Ini adalah amal yang paling utama di bulan Dzulhijjah. Tidak ada haji selain di bulan Dzulhijjah. Ganjaran bagi orang yang melaksanakan ibadah ini sangat besar di sisi Allah swt. Kata Nabi saw., “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah surga.”

2. Berpuasa selama 10 hari di hari-hari pertama bulan Dzulhijjah, atau pada sebagiannya, atau paling tidak sehari di hari Arafah. Puasa juga amalan utama. Allah swt. memilih puasa sebagai amalan hambaNya untuk diriNya sehingga Dia sendiri yang menentukan pahalanya. Hal ini termaktub dalam sebuah hadist Qudsi. “Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan, dan minumannya semata-mata karena Aku.”

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun”. (Hadits muttafaq ‘alaih)
Dari Abu Qatadah r.a. bahwa Nabi saw. bersabda, “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR. Muslim)

3. Bertakbir dan berdzikir. Perbanyaklah takbir dan dzikir di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sebagaimana yang diperintahkan Allah swt., “…. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan….” [QS. Al-Hajj (20): 28]. Begitulah para ahli tafsir menafsirkannya frase “pada hari-hari yang ditentukan” dengan “sepuluh hari dari bulan Dzul Hijjah”. Karena itu, para ulama menganjurkan kepada kita untuk memperbanyak dzikir pada hari-hari tersebut. Apalagi ada hadits dari Ibnu Umar r.a. yang menguatkan. Bunyinya, “Maka perbanyaklah pada hari-hari itu tahlil, takbir, dan tahmid”. (HR. Ahmad)
Imam Bukhari menuturkan bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah keluar ke pasar pada sepuluh hari tersebut seraya mengumandangkan takbir lalu orang-orang pun mengikuti takbirnya.
Diriwayatkan bahwa para tabiin pada hari-hari itu mengucapkan, “Allahu akbar, allahu akbar, laa ilaha ilallah, walllahu akbar, allahu akbar wa lillahil hamdu.” Artinya, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah (sembahan) selain Allah. Dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji hanya bagi Allah.”
Dianjurkan mengeraskan suara saat bertakbir baik ketika di masjid, rumah, pasar, atau di jalan. Allah berfirman, “Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu …”. [QS. Al-Baqarah (2): 185]
Perbanyak taubat dan meninggalkan segala bentuk maksiat dan dosa. Maksiat adalah penyebab jauhnya hamba dari Allah swt. Sedangkan ketaatan adalah pintu mendapat cinta dan kasih sayang Allah swt. Dan Allah swt. lebih cinta kepada seorang hamba melebihi cinta sang hamba kepada Allah swt. Bahkan, Allah swt. cemburu jika hambanya berbuat maksiat. Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Nabi swt. bersabda, “Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan apa yang diharamkan Allah terhadapnya.” (Hadits muttafaq ‘alaihi)

4. Perbanyaklah amal shalih. Bukan hanya amal-amal yang fardhu saja. Sebab, Allah swt. suka dan mencintai seorang hamba yang mendekatkan diri kepadanya dengan melakukan nawafil, amalan sunah. Kita bisa memperbanyak shalat sunnah, bersedekah, berjihad, membaca Al-Qur’an, dan melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Kita sangat berharap semua amalan itu bisa mendatangkan banyak pahala. Tapi, kita lebih berharap lagi mendapat cintai dan ridha Allah swt.

5. Disyariatkan pula kita melakukan takbir muthlaq –yaitu pada setiap saat, siang ataupun malam sampai shalat Ied– dan takbir muqayyad –yaitu takbir yang dilakukan setiap selesai shalat fardhu yang dilaksanakan dengan berjama’ah. Bagi kita yanga sedang tidak berhaji, takbir dimulai dari sejak Zhuhur hari raya Qurban terus berlangsung hingga shalat Ashar pada hari Tasyriq.
6. Berkurban. Bisa kita lakukan pada Hari Raya Qurban dan Hari-hari Tasyriq. Ibadah ini adalah sunnah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Muhammad saw. mengukuhkannya menjadi syariat bagi kita. Sabda Nabi, “Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. (Hadits muttafaq ‘alaihi).

7. Dilarang mencabut atau memotong rambut dan kuku bagi orang yang hendak berkurban. Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, dari Ummu Salamah r.a. bahwa Nabi saw. bersabda: “Jika kamu melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya.” Dalam riwayat lain, “Maka janganlah ia mengambil sesuatu dari rambut atau kukunya sehingga ia berkurban.”
Hal ini untuk menyerupai orang yang menunaikan ibadah haji yang menuntun hewan kurbannya. Firman Allah, “Dan jangan kamu mencukur (rambut) kepalamu, sebelum kurban sampai di tempat penyembelihan.” [QS. Al-Baqarah (2): 196]. Larangan ini, menurut zhahirnya, hanya dikhususkan bagi orang yang berkurban saja, tidak termasuk istri dan anak-anaknya, kecuali jika masing-masing dari mereka berkurban.

8. Melaksanakan shalat Iedul Adha dan mendengarkan khutbahnya. Bahkan, anak-anak dan wanita-wanita yang sedang haidh pun diperintahkan Nabi saw. untuk hadir bersama jama’ah shalat ied di tanah lapang untuk mendengarkan khutbah.

Baca selengkapnya...

Friday, November 28, 2008

Salat Jumat

Jumat itu hari yang spesial bagi umat Islam. Hari dimana rejeki dibuka seluas-luasnya, penuh dengan kebaikan, dan di antara kebaikan itu adalah kewajiban untuk menunaikan ibadah Salat Jumat terkhusus kaum laki-laki.

Di sini saya tidak akan membahas tentang tata cara salat Jumat atau yang lainnya. Tapi saya di sini akan membahas bagaimana sikap pada saat Salat Jumat. Hampir di setiap masjid saya menemukan kejadian seperti ini, ya berbicara pada saat khotib membacakan khotbahnya, kalau saja itu anak kecil mungkin saya tidak sampai menulis di sini. Tapi ini orang dewasa, yang sudah akil baligh.

Padahal sebelum pelaksanaan khotbah seorang masyirol telah memberikan suatu hadist Rasulullah tentang larangan untuk berkata-kata alias berbicara. "Barang siapa berkata-kata pada saat khotib menyampaikan khotbahnya, baik perkataan itu menegur bahkan menyuruh orang lain diam pun, maka pahala salat Jumatnya akan menjadi sia-sia". Mungkin itulah kurang lebih seruan hadist Rasul.

Yang saya pikirkan adalah, apa mereka tuli atau tidak mengerti maksud tersebut. Bukan maksud saya mengurusi orang lain, karena jujur saya bukanlah ahli ibadah, tapi di blog saya ini saya hanya ingin mengungkapkan kekesalan saya saja.

Baca selengkapnya...

Monday, November 24, 2008

What A Terrible Week

Satu minggu ini sungguh sangat membuat saya merasa down, dan gak tahu harus ngomong apa. Mulai dari orang yang cari masalah, sampai saya harus kehilangan flashdisk lagi.

Dimulai sejak saya merasa lega setelah WKGTS di SMA5 yang sukses, tapi besoknya saya harus merasa aneh dengan keributan kecil dengan orang terdekat saya. Senin minggu lalu saya pun harus kecewa dengan ditundanya UTS, buang waktu banget padahal pikiran sudah bercabang-cabang.

Terus berlanjut di hari-hari berikutnya, emosi saya meledak-ledak, gara-gara lingkungan sekitar yang sangat mengganggu saya, untuk kesekian kalinya headset kesayangan saya berpindah tempat dari meja kantor saya, kesel banget pakai orang sudah gak izin terus gak balikin lagi ke tempatnya. Gara-gara hal ini, saya sampai kejedot meja dan sedikit benjol.

Dan yang paling parah yaitu di hari Jumat, hasil karya saya buat UTS ada yang mengeditnya(ini untuk yang kedua kali, pertama di-delete, karena kerjaan dikumpul lewat sharing online) dan flashdisk saya ketinggalan pada saat hari itu.
Soal flashdisk, sebenarnya itu ketemu tapi saya heran kenapa flashdisk itu tidak dikembalikan lagi ke meja saya, kan saya besok juga kerja dan akan mengambil flashdisk tersebut, tapi tahunya flashdisk itu sampai sekarang tidak tahu keberadaannya, saya tanya orang yang berkepentingan, tapi mereka saling lempar gitu. Ada yang bilang dititip ke si A, si A bilang ke lain lagi.

Baca selengkapnya...

Monday, November 17, 2008

Anak Afternoon Yesterday di Si Jago Merah

Kemarin nyempatin diri buat nonton film yang gokil satu ini, ya Si Jago Merah. Film yang dibintangi Ringgu Agus Rahman, Desta Club 80', Ytonk Club 80', serta Judika Idol.
Dari awal sampai akhir kebanyakan ketawa, tapi dibalik itu tersisip nilai kepahlawanan dan persahabatan yang sangat apik digarap oleh Hanung. Berikut ini cerita singkatnya:

Gito Prawoto (Desta Club 80’s), Dede Rifai (Ringgo Agus Rahman), Kuncoro Prasetyo (Ytonk Club 80’s) & Rojak Panggabean (Judika) terancam D.O. gara-gara menunggak uang kuliah selama 4 semester berturut-turut, orang tua mereka ternyata sudah tidak bisa lagi membiayai kuliah. Pihak Kampus memberikan kelonggaran agar mereka bisa tetap kuliah, tapi tetap harus membayar minimal satu semester dalam waktu beberapa hari

Masing-masing mencari uang. Ternyata mereka tetap butuh biaya untuk hidup sehari-hari, apalagi sebagian dari mereka sebelumnya bergaya hidup ibu kota

Kuncoro memberikan solusi agar biaya operasional terjangkau dan mengajak mereka mencari rumah kontrakan dekat kampus, dan menjalani pola hidup sederhana. Solusi lainnya adalah kerja magang, tapi magang itu membuat mereka kelelahan. Jadwal kuliah menjadi berantakan. Gito mendapatkan ide untuk mencari part time job yang tidak melelahkan dan menyita banyak waktu yaitu sebagai pemadam kebakaran

Singkat cerita setelah ikut pelatihan, mereka diterima kerja magang di Pemadam Kebakaran, sebagai Pasukan Cadangan dengan perlengkapan seadanya dan diberi tugas untuk merawat mobil pemadam kebakaran yang sudah tua, yang dikenal dengan sebutan SI JAGO MERAH. Mobil inilah yang selalu mereka andalkan menjadi seorang Fire Fighter

Di dalam film ini juga pada saat terakhir mereka berhasil menyelamatkakn Musium Patriot dari kebakaran yang hebat, mereka mendapat penghargaan dari walikota yang diperankan oleh Rano Karno (lama ni bang gak muncul di perfilman).

Pesan saya rugi banget deh gak nonton ni film, kalau gak nonton bakalan jadi "Anak Afternoon Yesterday" loh, heheheheh itu kalimat yang gue dapat dari tuh film.

Baca selengkapnya...

Friday, November 14, 2008

So Disappointed

Hari ini gak tahu apa yang harus saya ucapin, yang jelas hari ini benar-benar hari yang bikin saya malu besar terhadap teman-teman di Wongkito. Ya rencana matang, terus dengan lobi almamater saya ini jauh-jauh hari, tapi hari ini yang didapat kok pembatalan. Almamater yang selalu saya perjuangkan dan bangga menjadi alumni disitu

Benar-benar kayak kesambar petir di siang hari, baru mau berpakaian tiba-tiba handphone bunyi dari wakasek. Terus dengan alasan kalau lab dipakai ujian praktikum dan full juga untuk pelatihan guru, hingga pemberitahuan kalau besok itu cancel. Door rasanya.

Ya, terus terang saya sampai nangis di rumah, malu. Malu sama teman-teman, malu sama pihak sponsor. Entah, I have done my best, but I got the worst thing, saya sampai minta cuti dua hari yaitu hari ini dan besok, hujan-hujanan dari Basuki Rahmat ke Sudirman, terus sampai memohon sama Direktur tempat saya bekerja, tapi I don't get what I hope. Yang jelas saya mohon maaf banget sama teman-teman, mungkin saat ini saya belum bisa berbuat banyak untuk komunitas kita, makasih sama Kak Jafis, Mbak Nike, dan Kak Wahyu yang tadi memberi pengertian dan mati-matian mencari sekolah pengganti buat besok.

Baca selengkapnya...

Thursday, November 13, 2008

Kangen Bersepeda

Entah kenapa rasa kangen bersepeda. Dulu sejak kecil hobi banget bersepeda. Tapi sayang semua sepeda itu ada yang dijual dan hilang dicuri ulang. Sepeda pertama saya yaitu sepeda yang bannya itu buntu, jadi ceritanya ban itu gak bakalan kempes atau pun bocor, yang pertama ini masih ada sampai sekarang.

Terus sepeda kedua itu yang ada keranjang gitu, tapi keranjangnya saya lepas, biar bisa keren kalo kebut-kebutan, sepeda ini si aslinya punya kakak perempuan nomor 2, tapi diwarisin sama saya. Soalnya saya yang paling getol pengen naik tuh sepeda. BMX juga pernah saya pakai, dulu sih beli yang second, duitnya patungan sama kakak, baik itu cat ulang atau pun perbaikan lainnya, sepeda yang satu ini bikin unik, hehehehe, pernah waktu saya ke pasar beli dasi SD perginya saya bawa ni sepeda, tapi pas pulang saya gak sadar kalau saya pergi ke toko dasi pake sepeda, untung tukang pempek sebelah toko dasi kenal sama saya, jadi malam-malam dia anterin sepeda ke rumah. Akhirnya 2 sepeda ini saya jual, karena ada kerusakan parah gitu.

Karena kangen sama sepeda, pas SMP saya minta sama sepupu buat pakai sepedanya yang nganggur karena rusak terus dibayar, diperbaikin gitu sampai ban, rem, dl, tipenya yang Federal gitu. Setiap hari saya sekolah pake ni sepeda, sampai-sampai waktu kelas 3 SMP dulu, ngecengin temen-temen sekolah ramai-ramai bersepeda. Tapi sayang, dasar maling. Kelas 1 SMK sepeda satu ini harus hilang diberondol maling siang hari lagi di depan rumah.

Mangkanya beberapa hari ini saya kangen, sehat sih soalnya. Terasa banget keringatnya, apalagi kalau naik tanjakan. Melihat sepeda zaman sekarang yang keren-keren, harganya bahkan ada yang setara sepeda motor. Ehm...ada yang mau beliin saya sepeda baru?

Baca selengkapnya...

Tuesday, November 04, 2008

Bahasa Indonesia

Gara-gara Ardy membahas masalah yang satu ini di milis, mengingatkan saya sosok guru Bahasa Indonesia dulu, Ibu Mardiah. Beliaulah yang banyak mengajarkan saya tentang berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Teringat sekali waktu kelas 2 SMK dulu, saya disuruh ikut lomba referensi buku dan karya tulis ilmiah. Walau tidak berhasil setidaknya perlombaan waktu itu membuat saya menambah ilmu lebih banyak lagi. Waktu menulis konsep, berulang kali karyanya dicoret, yang paling banyak waktu itu bukanlah masalah penggunaan awalan dan kata depan, akan tetapi kata baku serta, penulisan nama gelar.


Alhamdulillah, sejak itu untuk nama gelar, saya selalu benar, bahkan saya sering protes terhadap teman-teman yang salah menulis gelar. Contoh gelar yang ada di Pak Alamsyah Rasyid. Kalau yang benar penulisan yaitu Alamsyah Rasyid, S.T., M.T. tapi sering kali teman-teman di kantor menulis Alamsyah Rasyid, ST.MT. atau Alamsyah Rasyid ST,MT.

Memang heran kenapa Bangsa Indonesia sendiri jarang ada yang berbahasa yang benar, mungkin termasuk saya. Padahal Bahasa Indonesia itu mudah, hal ini diakui oleh para warga asing yang ada di Indonesia. Lihat saja, setahun mereka di sini, Bahasa Indonesia mereka sudah sangat lancar, coba kalau kita di negeri mereka, saya yakin akan sangat sulit mengerti bahasa mereka.



Baca selengkapnya...

Tuesday, October 28, 2008

80 Tahun Bangkitnya Pemuda

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Pada sumpah di atas telah terlihat jelas bahwa para pemuda pada zaman dahulu bertekad untuk satu, dari ujung Sumatera sampai Ambon, hal itu terlihat dari semua pemuda yang dulunya tergabung dalam Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatera dll. mengkonsep sumpah di atas pada saat Kongres Pemuda di Jakarta pada tanggal 27-28 Oktober 2008.


Tapi melihat kondisi yang ada saat ini kenapa banyak sekali perpecahan di berbagai daerah. Termasuk di ajang olahraga terkhusus sepakbola yang kita ketahui tujuan dari olahraga itu sendiri untuk menjungjung sportifitas dan menegakkan namanya fair play.

Untuk itu mari dengan semangat Hari Sumpah Pemuda ini kita galakkan lagi semangat persatuan dan kesatuan untuk negara kita tercinta ini. Bangkit bangsaku, jayalah negeriku.

Baca selengkapnya...

Monday, October 27, 2008

Happy National Blogger Day

Ehm..hari ini serentak seluruh Indonesia para blogger mulai dari Sabang sampai Merauke memperingati yang namanya Hari Blogger Nasional. Yah,senang rasanya menjadi seorang blogger, banyak hal yang bisa saya dapatkan.

Untuk memperingati acara ini serentak seluruh komunitas blogger di Indonesia, hari ini mengadakan acara ini. Seperti Cahandong, Angin Mamiri, dan tidak ketinggalan WongKito.

WongKito sendiri, malam ini akan mengadakan acara peringatan ini sendiri di Excelso Cafe yang disponsori langsung oleh Trijaya FM sebagai media partner. Ehm bagi kalian seluruh blogger yang ada di Palembang, silahkan aja datang nanti malam mulai pukul 19.30 s/d 21.00(tapi kayaknya saya gak bisa hadir :( ).

Tapi yang jelas SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL, KEEP BLOGGING COS YOU ARE WHAT YOU BLOG :).

Baca selengkapnya...

Friday, October 17, 2008

WKGTS Part 2

Untuk kedua kalinya Wongkito menyelenggarakan agenda rutin yaitu Wongkito Goes to School(WKGTS) yang kali ini sekolah terpilih adalah MAN 2 Palembang setelah yang pertama kemarin di SMA Negeri 3 Palembang.

Acara ini tentunya menjadi agenda rutin buat Wongkito setiap bulannya karena, yaitu Wongkito ingin memperkenalkan blog sebagai media baru di dalam dunia IT. Terlebih para pelajar adalah calon-calon orang yang akan memimpin bangsa ke depannya.

Bisa dibayangkan kalau mereka tidak dibekali dengan sarana-sarana informasi yang sangat friendly seperti blog. Sementara kita tahu blog sangat banyak manfaatnya. Contoh dengan blog mereka mencatat proses belajar mereka di blog dengan begitu, informasi dan ilmu akan bisa sampai ke orang lain saat diakses tanpa harus bertatap muka secara langsung.

So buat teman-teman WK, sukses for WKGTS

Baca selengkapnya...

Thursday, October 16, 2008

Milad.....

Setahun yang lalu, saya gabung di milist wongkito, walau waktu kopdar pertama alias kopdar pembentukan saya gak hadir, tapi saat ini saya merasa senang karena lewat Wongkito saya bisa menemukan teman-teman baru.

Sekarang Wongkito sudah menjadi komunitas blogger yang besar, se Indonesia mungkin sudah mengenal. Hari ini Wongkito Ultah, so Happy Birthday.....

Semoga komunitas ini makin jaya, makin berkembang. Kekeluargaannya makin baik. Dan terlebih bisa membantu dunia terkhusus bidang pendidikan melalui program yang baik WKGTS untuk lebih mengenal IT, khususnya blog.

Baca selengkapnya...

Wednesday, October 15, 2008

Bunga Seroja

Mari menyusun seroja
Bunga seroja ah... ah...
Hiasan sanggul remaja
Puteri remaja ah... ah...

Rupa yang elok
Di manja jangan dimanja ah... ah...
Puja lah ia sekadar
Oh sekadar saja



( korus )
Mengapa kau bermenung
Oh adik berhati binggung
Mengapa kau bermenung
Oh adik berhati binggung
Lupakan saja asmara
Pada asmara...
Lupakan saja asmara
Pada asmara...

Baca selengkapnya...

Saturday, October 11, 2008

Selamat Menempuh Hidup Baru Prince

Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia berpasang-pasangan.

Barusan beberapa menit yang lalu (waktu dihitung setelah posting), saya menghadiri acara akad nikah instruktur, kakak, sekaligus teman saya di Wongkito.net, Raden Andi Bachtiar Saleh a.k.a Prince. Walau tadi terlihat dari kejauhan dia mengucap ijab qabul tapi, saya mendengarnya lancar. Termasuk pada saat pembacaan, taqliq (perjanjian nikah). By the way, saya tidak asing dengan keluarga Pak Andi, secara sebagian besar keluarganya tetangga saya, bahkan guru ngaji saya.

Prince yang mengakhiri masa lajangnya dengan seorang wanita cantik, yang akrab disapa Vita. Untuk lebih jelas tentang mereka kalian bisa buka website mereka bindanaku.com.

Yang jelas saya mau ucapin, selamat menempuh hidup baru buat Pak Andi dan Mbak Vita. Semoga menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah dan Waramah. Amin Ya Rabbal 'Alamin

Baca selengkapnya...

Monday, October 06, 2008

Sisa-Sisa di Hari Nan Fitri

Alhamdulillah Allah masih ngasih saya kesempatan untuk menikmati indahnya Idul Fitri. Setelah jalani puasa 1 bulan full(alhamdulillah gak ada yang bolong baik puasa maupun tarawihnya).


Di hari pertama mungkin diisi berkumpul dengan para keluarga baik dari pihak mama maupun papa, nah di hari kedua saya mulai beraksi jalan-jalan keluar ke rumah Echiku dan teman-teman. Foto pertama itu, foto dengan keponakan si Echi waktu di rumahnya.

Sejak hari kedua ini sampai hari keempat saya seneng banget bisa berkumpul dengan teman-teman SMK 2 dulu walau kami gak full satu kelas tapi tahun ini tahun yang menyenangkan pasca tamat SMK tahun 2006 yang lalu. Kami tidak hanya jalan bareng, tapi sampai bermain futsal dan makan malem rame-rame di GOR (Cafe 338). Bayangin aja sudah 2 tahun lebih kami gak main bola bareng, selain karena kesibukan masing-masing (kuliah dan kerja), jarak juga yang pisahin kami. Ada yang di Jambi, Kalsel, kadang ada yang tugas di Bangka. Yang terjauh yang sampai sekarang ini belum pulang ada di Papua (kuliah D3 Akademi perikanan dan kelautan).

Nah kemarin setelah dapat sms dari Mbak Nike, tentang adanya halal bihalal anak-anak WongKito, yo wes terlanjur basah buat happy2 di lebaran kali ini. Rame juga kemarin acaranya. Maaf buat Ilham, bukan gak mau infoin, kirain sudah dikasih tahu sama yang lain, alasan lain mungkin Iam belum pulang.

Yang jelas I enjoy this Idul Fitri and this holiday(walau masih kurang rasanya), hehehe. Nah untuk foto lebih lengkap di sini

Baca selengkapnya...

Saturday, September 27, 2008

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Tidak ada kata lain selain saya meminta maaf kepada teman-teman, sahabat-sahabat bloggers atas segala kesalahan yang telah saya perbuat baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Kalau ada yang benci sama saya, mari kita saling memaafkan. Ah, susah deh panjang lebar, mau buat puisi males banget saya masukin gambar yang di samping aja kali ya....(klik aja buat besarin). Maaf tetep narsis, hehehe..

Once more, taqaballahu minna waminkum..semoga kita kembali fitrah seputih kapas dan sebening tetesan embun, (ceile)

Baca selengkapnya...

Thursday, September 25, 2008

Dapat Reward Dari Dolor-Dolor













Ehm....sebenarnya rewardnya sudah beberapa hari yang lalu dikasih tapi lupa buat diposting. Makasih buat rekan-rekan kerja di kantor yang juga dosen saya kalau kuliah, ya sapa lagi kalau gak Pak Rais a.k.a Mbah Sajen dan Si Lor alias Pak Pria yang telah ngasih nich reward (lebay mode on).

Rewardnya gak lain dan gak bukan ya seperti gambar di atas. Tetap bersinar selama Ramadhan disini maksudnya, tetap berkarya lewat blog walau puasa, heehe. Satunya lagi(yang kupu-kupu) blog keren yang pernah mereka lihat (cihuy).


Baca selengkapnya...

Tuesday, September 23, 2008

Sempurnakan Puasa dengan Zakat

Tidak terasa hari kemenangan akan segera tiba. Hari ini tepatnya saya memposting blog ini kita sudah memasuki H-8 Idul Fitri 1429 H. Tentunya di bulan Ramadhan ini kita tidak hanya memiliki kewajiban untuk menahan rasa lapar dan haus serta hawa nafsu semata. Tapi kita juga masih punya ibadah wajib lainnya yaitu zakat.

Zakat semuanya pasti tahu ada dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal (harta). Mungkin untuk zakat mal terkhusus hanya untuk orang yang berlebih harta dalam hitungan hisab satu tahun. Maka wajib baginya keluarkan 2,5% dari jumlah kekayaannya. Tapi yang namanya zakat fitrah ini kudu banget. Pahala puasa kita akan menggantung apabila kita tidak menunaikan zakat.

Suatu hal yang harus dicatat dalam mengeluarkan zakat fitrah yaitu beras yang kita zakatkan (sebesar 2,5 kg) itu harus sama dengan apa yang kita makan bahkan kalau lebih baik jauh kan lebih baik. Misal, kalau kita makan beras Selancar(ups maaf sebut merk), jangan dunk kita zakat dengan beras BULOG.

Postingan saya ini sekedar mengingatkan, karena sebentar lagi Idul Fitri akan jelang. Sedangkan batas terakhir zakat adalah sebelum kita berangkat ke masjid/lapangan untuk salat Ied. Jadi jangan lupa ya temen-temen.

Baca selengkapnya...

Monday, September 22, 2008

Semua Tentang Saya

Barusan buka blog ternyata dapat pesan dari si Ilham untuk ke blognya, untuk kerjain sesuatu yang disebutnya sebagai PR. Setelah baca akhirnya langsung ada ide untuk kerjain tuh namanya PR. Mau tahu PR itu? Pribadi dan Realita (mungkin saya lebih suka kata realita ketimbang reallity) gak nyampur.

Oke, pastinya semua orang sudah tahu dunk nama saya, M. Farhan kalo diartiin tuh nama M= Muhammad, yang merupakan sunnah untuk memakai nama baginda rasul dan Farhan itu artinya yang menghibur orang/yang menyenangkan (mudah-mudahan emang itu adanya di mata readers).

Untuk masalah kepribadian dan realita hidup. Ni saya beberin:
  1. Suka banget ngomong ceplas-ceplos, maksudnya disini, apa yang saya lihat baik ya saya katakan baik dan kalau itu jelek sih saya ngomong jelek.
  2. Perfectionis soal penampilan dan dandan, kalo gak matching...wuih, paling gak tahan.
  3. Benci orang yang gak disiplin waktu. Saya orangnya on time dan jarang sekali namanya telat, bisa dihitung kali saya telat, di kantor saja saya telat hanya sekali, dan itu hanya 0,4 detik (tanya mbak Nike deh yang dulu suka appraisal saya). Jadi indispliner bukan saya banget.
  4. Meja kerja suka berantakan, entah kenapa soal yang satu ini saya suka kacau.
  5. Pacaran sampai sekarang ini sebanyak 9 kali terhitung sejak kelas 1 SMP (mudahan dia yang terakhir).
  6. Pandai gaul, ehm awalnya orang lain yang nilai tapi alhamdulillah emang resep dari guru SMK dulu untuk memperbanyak pergaulan sampai saat ini saya terapin.
  7. Suka banget namanya sepakbola, futsal, and badminton.
  8. Pecinta biru
  9. Pelupa, entah sejak kapan ni penyakit hinggap di hidup saya. Yang paling sering itu masalah letakin barang :).
  10. Gak suka pempek yang terbuat dari ikan selain belida sama gabus. Mending pempek DOS sekalian ketimbang makan pempek ikan laut. Bisa alergi dan muntah deh.
10 itu aja ya....ehm, tar kalau mau tahu banget tentang saya, main aja pas lebaran ke rumah, cerita-cerita. Soalnya pernah ada temen, pertama kali ketemu, terus pertama kali ke rumah, lebaran tahun kemaren dia datang jam 1 pulang hampir jam 5. Heheheh, soalnya saya hobi kelakar. :)

By the way, PR ini akan saya share lagi kepada orang-orang ini:
  • Yuk Nitz a.k.a. Bik Pici, (Yuk, kan katanya saudara, masak gak mau share)
  • Echi, (sayang daripada blognya jablay, mending nurut deh kata "papa" :) )
  • Maskoko (biar tambah lancar ngetiknya pak)
  • Mangoeni, (Kak Husni yang baik, ini saya kasih PR, gak dikerjain tar saya kasih merah.)
  • Kak Abie, (pokoknya harus dikerjain)
  • Tjoenit, (Aya' jangan gak dikerjain)
  • Yuniarto Rahardjo (mohon ya mas PR ini dilaksanakan).
  • Bunda Rie (Bunda yang cantik, ini saya coba kasih PR).
Jangan gak dikerjain ya teman-teman.

Baca selengkapnya...

Wednesday, September 17, 2008

Dimana Letak Bulan Ramadhan Bagi Kita?

Sungguh miris sebenarnya melihat berita-berita di tv selama Ramadhan ini, bulan yang seharusnya diisi dengan kekhusyukan ibadah, tetapi malah berujung maut, keributan dan korupsi.

Kasus terdekat yang saya lihat di tv lokal Palembang adalah pada saat "Asmara Subuh" dua kelompok remaja tawuran di kawasan Kambang Iwak, eh besoknya saya nonton berita di tv swasta nasional ada yang lebih parah lagi, di Tangerang saling lempar petasan akhirnya berujung kematian gara-gara lari kejaran lompat ke danau dan maut menjemput.

Yang paling parah tentunya, niat baik seseorang menunaikan kewajiban dia sebagai umat muslim yang mampu dan berhak mengeluarkan zakat berakhir dengan tewasnya 21 orang warga sekitar Pasuruan serta belasan luka-luka lainnya karena terinjak untuk berebut mengambil uang Rp 30.000,-.

Dan yang terupdate kejadian tadi malam yaitu, tertangkapnya anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) karena dugaan suap uang sebesar Rp 500 juta untuk kasus tv kabel Astro. 

Masya Allah, walau jujur saya juga sering tidak terkontrol emosi, tapi melihat kejadian itu tentunya menjadi acuan bagi diri saya, Ramadhan belum tentu kita bertemu lagi, memanfaatkan bulan yang banjir akan pahala ini. Suatu pandangan bagi saya, jangan sampai saya sia-siakan ini. Tapi menjadi pertanyaan bagi saya sendiri, dimana letak Ramadhan bagi kita?

Baca selengkapnya...

Saturday, September 13, 2008

Doa-Doa Harian Selama Bulan Ramadhan

Doa Hari ke-1
Yaa Allah! Jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa. Dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. Dan jagalah aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku… Wahai Tuhan sekalian alam!! Dan ampunilah aku, Wahai Pengampun para pembuat dosa.


Doa Hari ke-2
Yaa Allah! Dekatkanlah aku kepada kenidloan-MU dan jauhkanlah aku dan kemurkaan serta balasan-MU. Berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat-MU dengan rahmat-MU, Wahai Maha Pengasih dari semua Pengasih!!


Doa Hari ke-3
Yaa Allah! Berikanlah aku nizki akal dan kewaspadaan. dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan kesesatan. Sediakanlah bagian untukku dari segala kebaikan yang KAU turunkan, demi kemurahan-MU, Wahai dzat Yang Maha Dermawan dari semua dermawan!


Doa Hari ke-4
Yaa Allah! Berikanlah kekuatan kepadaku, untuk menegakkan perintah-perintah-MU, dan berilah aku manisnya berdzikir mengingat-MU. Berilah aku kekuatan untuk menunaikan syukur kepada-MU, dengan kemuliaan-MU. Dan jagalah aku dengan penjagaan-MU dan perlindungan-MU, Wahai dzat Yang Maha Melihat.


Doa Hari ke-5
Yaa Allah! Jadikanlah aku diantara orang-orang yang memohon ampunan, dan jadikanlah aku sebagai hamba-MU yang sholeh dan setia serta jadikanlah aku diantara Auliya’- MU yang dekat disisi-MU, dengan kelembutan-MU, Wahai dzat Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih.

Doa Hari ke-6
Yaa Allah! Janganlah Engkau hinakan aku karena perbuatan maksiat terhadap-MU, dan janganlah Engkau pukul aku dengan cambuk balasan-MU. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-MU, dengan anugerah dan bantuan-MU, Wahai puncak keinginan orang-orang yang berkeinginan!

Doa Hari ke-7
Yaa Allah! Bantulah aku untuk melaksanakan puasanya, dan ibadah malamnya. Jauhkanlah aku dari kelalaian dan dosa-dosanya. Dan berikanlah aku dzikir berupa dzikir mengingat-MU secara berkesinambungan, dengan Taufiq- MU, Wahai Pemberi Petunjuk orang-orang yang sesat.

Doa Hari ke-8
Yaa Allah! Berilah aku rizki berupa kasih sayang terhadap anak-anak yatim dan pemberian makan, serta penyebaran salam, dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-MU, Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.

Doa Hari ke-9
Yaa Allah! Sediakanlah untukku sebagian dri rahmat-MU yang luas, dan berikanlah aku petunjuik kepada ajaran- ajaran-MU yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada kerelaan-MU yang penuh dengan kecintaan-MU, Wahai harapan orang-orang yang rindu.

Doa Hari ke-10
Yaa Allah! Jadikanlah aku diantara orang-orang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang menang disisi-MU, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang dekat kepada-MU dengan ihsan-MU, Wahai Tujuan orang-orang yang memohon.

Doa Hari ke-11
Yaa Allah! Tanamkanlah dalam diniku kecintaan kepada perbuatan baik, dan tanamkanlah dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Jauhkanlah dariku kemurkaan-MU dan api neraka dengan pertolongan-MU, Wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan.

Doa Hari ke-12
Yaa Allah! Hiasilah diriku dengan penutup dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian qana’ah dan kerelaan. Tempatkanlah aku di atas jalan keadilan dan sikap tulus. Amankanlah diriku dari setiap yang aku takuti dengan penjagaan-MU, Wahai penjaga orang-orang yang takut.

Doa Hari ke-13
Yaa Allah! Sucikanlah diriku dari kekotoran dan kejelekan. Berilah kesabaran padaku untuk menerima segala ketentuan. Dan berilah kemampuan kepadaku untuk bertaqwa, dan bergaul dengan orang-orang yang baik dengan bantuan-MU,Wahai Dambaan orang-orang miskin.

Doa Hari ke-14
Yaa Allah! Janganlah Engkau hukum aku, karena kekeliruan yang kulakukan. Dan ampunilah aku dari kesalahan-kesalahan dan kebodohan. Janganlah Engkau jadikan diriku sebagai sasaran bala’ dan malapetaka dengan kemualian-MU, Wahai Kemulian kaum Muslimin.

Doa Hari ke-15
Yaa Allah! Berilah aku rizki berupa ketaatan orang-orang yang khusyu’. Dan lapangkanlah dadaku dengan taubatnya orang-orang yang menyesal, dengan keamanan-MU, Wahai Keamanan untuk orang-orang yang takut.

Doa Hari ke-16
Yaa Allah! Berilah aku kemampuan untuk hidup sebagaimana kehidupan orang-orang yang baik. Dan jauhkanlah aku dari kehidupan bersama orang-orang yang jahat. Dan naungilah aku dengan rahmat-MU hingga sampai kepada alam akhirat. Demi ketuhanan-MU Wahai Tuhan seru sekalian alam.

Doa Hari ke-17
Yaa Allah! Tunjukkanlah aku kepada amal kebajikan dan penuhilah hajat serta cita-cita-ku. Wahai Yang Maha Mengetahui keperluan, tanpa pengungkapan permohonan. Wahai Yang Maha Mengetahui segala yang ada di dalam hati seluruh isi alam. Sholawat atas Muhammad dan keluarganya yang suci.

Doa Hari ke-18
Yaa Allah! Sadarkanlah aku akan berkah-berkah yang terdapat di saat saharnya. Dan sinarilah hatiku dengan terang cahayanya dan bimbinglah aku dan seluruh anggota tubuhku untuk dapat mengikufi ajaran-ajarannya, Demi cahaya-Mu Wahai Penerang hati para arifin.

Doa Hari ke-19
Yaa Allah! Penuhilah bagianku dengan berkah-berkahnya, dan mudahkanlah jalanku menuju kebaikan-kebaikannya. Janganlah Kau jauhkan aku dari kebaikan- kebaikannya, Wahai Pemberi petunjuk kepada kebenaran yang terang.

Doa Hari ke-20
Yaa Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu surga dan tutupkanlah bagiku pintu-pintu neraka, dan berikanlah kemampuan padaku untuk membaca Al-Qur’an Wahai Penurun ketenangan di dalam hati orang-orang Mu’min.


Doa Hari ke-21
Yaa Allah! berilah aku petunjuk menuju kepada keridhoan-MU. Dan janganlah Engkau beri jalan kepada setan untuk menguasaiku. Jadikanlah surga bagiku sebagai tempat tinggal dan peristirahatan, Wahai Pemenuh keperluan orang-orang yang meminta.


Doa Hari ke-22
Yaa Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu karunia-MU, turunkan untukku berkah-berkahmu. Berilah kemampuan untukku kepada penyebab-penyebab keridhoan-MU, dan tempatkanlah aku di dalam surga-MU yang luas, Wahai Penjawab doa orang-orang yang dalam kesempitan.

Doa Hari ke-23
Yaa Allah! Sucikanlah aku dari dosa-dosa, dan bersihkanlah diriku dari segala aib. Tanamkanlah ketaqwaan di dalam hatiku, Wahai Penghapus kesalahan onang-orang yang berdosa.

Doa Hari ke-24
Yaa Allah! Aku memohon kepada-MU hal-hal yang mendatangkan keridhoan-MU, dan aku berlindung dengan-MU dari hal-hal yang mendatangkan kemarahan-MU, dan aku memohon kepada-MU kemampuan untuk mentaati-MU serta menghindani kemaksiatan terhadap-MU, Wahai Pemberi para peminta.

Doa Hari ke-25
Yaa Allah! Jadikanlah aku orang-.orang yang mencintai Auliya-MU dan memusuhi musuh-musuh MU. Jadikanlah aku pengikut sunnah-sunnah penutup Nabi-MU, Wahai Penjaga hati para Nabi.

Doa Hari ke-26
Yaa Allah! Jadikanlah usahaku sebagai usaha yang disyukuri, dan dosa-dosaku diampuni, amal perbuatanku diterima, dan seluruh aibku ditutupi, Wahai Maha Pendengar dari semua yang mendengar.

Doa Hari ke-27
Yaa Allah! Rizkikanlah kepadaku keutamaan Lailatul Qadr, dan ubahlah perkara-perkaraku yang sulit menjadi mudah. Terimalah permintaan maafku, dan hapuskanlah dosa dan kesalahanku, Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba-hambanya yang sholeh.

Doa Hari ke-28
Yaa Allah! Penuhkanlah hidupku dengan amalan-amalan Sunnah, dan muliakanlah aku dengan terkabulnya semua permintaan. Dekatkanlah perantaraanku kepada-MU diantara semua perantara, Wahai Yang tidak tersibukkan oleh permintaan orang-orang yang meminta.

Doa Hari ke-29
Yaa Allah! Liputilah aku dengan rahmat dan berikanlah kepadaku Taufiq dan penjagaan. Sucikanlah hatiku dari noda-noda fitnah wahai pengasih terhadap hamb-hambaNYA yang Mu’min.

Doa Hari ke-30
Yaa Allah! Jadikanlah puasaku disertai dengan syukur dan penerima di atas jalan keridhoan-MU dan keridhoan Rasul. Cabang-cabangnya kokoh dan kuat berkat pokok-pokoknya, Demi kenabian Muhammad dan keluarganya yang suci, dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.

Maaf telat tulisnya, soalnya lupa dimana kemaren letakin datanya, semoga bermanfaat

Baca selengkapnya...

Wednesday, September 03, 2008

Sertifikat ICDL

Akhirnya datang juga sertifikat ini. Gila lama banget hampir mau 5 bulan pasca saya mengikuti test ini sebagai invigilator untuk masing-masing ATC di Indonesia. Sebelumnya saya pernah posting tentang pelatihan dan testnya ICDL ini disini.


Ya ICDL emang diakui internasional dan lebih baik dari LSP, karena ICDL mencakup seluruh Office (kecuali Frontpage dan Visio) tapi untuk masalah regulasi, LSP jauh lebih mudah ketimbang dengan ICDL. ICDL untuk penginstalannya saja sangat repot, perlu anu-itu yang sangat memakan waktu. Mungkin itu alasan dari si Boss belum mau menerapkan produk satu ini. Hal ini mungkin terbukti dari penerbitan sertifikat milik saya yang baru tiba hari ini.


Baca selengkapnya...

Saturday, August 30, 2008

Marhabban Ya Ramadhan

Saya atas nama pribadi dan keluarga besar mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1429 H....maafin kalo ada salah.

Baca selengkapnya...

Friday, August 22, 2008

Wongkito Aggregator Open Submission

Untuk ketiga kalinya, wongkito memberi kesempatan untuk para anggota yang telah melaksanakan pecah telok untuk mendaftar di aggerator wongkito.net. Kesempatan yang langkah biar blog kalian makin dikenal :).

Nah buat temen-temen di luar anggota Wongkito yang ikutan juga bisa terdaftar di aggerator wongkito, tentunya kalian harus pecah telok dunk, alias gabung dulu di milist wongkito. Karena kesempatan ini hanya berlaku mulai dari 26 Agustus s.d. 2 September 2008.

Informasi lebih lanjut langsung saja kalian ke blog wongkito.

Baca selengkapnya...

Friday, August 15, 2008

Nisfu Sya'ban

Sekedar mengingatkan buat readers sekalian, bahwa malam minggu besok adalah Malam Nisfu Sya'ban, salah satu malam yang baik buat kaum muslimin.

Malam itu tepatnya malam 15 Sya'ban, dimana kita disunahkan untuk mengerjakan amalan2 yang telah ditentukan. Adapun amalan tersebut antara lain, setelah Salat Magrib bersama kita membaca Surat Yassin sebanyak 3 kali dengan permintaan yang berbeda-beda.

Pada malam itu juga biasanya di setiap masjid/mushola setelah melaksanakan salat Isya berjamaah dilanjutkan dengan salat Sunah Tasbih(yang ini saya belum sanggup), serta berzikir. Maka bagi kalian berbondonglah ke rumah Allah, untuk dapatkan maghfirahnya sebelum kita menjumpai Syahrul Ramadhan.

Baca selengkapnya...

Tuesday, August 12, 2008

Terserah-Glenn Freidly

Jangan kau ganggu hidupku lagi
Sudah jelas kini yang kau mau
Kau sakiti hati ini ‘tuk kesekian kali
Memang ku cinta
namun tak begini

Dimana arti sebuah kesetiaan
Bila hanya dalam kata-kata

Ku coba untuk bertahan
Namun aku tak sanggup
Sungguh tak mampu, sayangku…

Reff I:
Terserah kali ini
Sungguh aku tak ‘kan perduli
Ku tak sanggup lagi
Jalani cinta denganmu
Biarkan ku sendiri
Tanpa bayang-bayangmu lagi

Ku tak sanggup lagi
Mulai kini s’mua terserah…

Dimana arti sebuah kesetiaan
Bila hanya dalam kata-kata
Ku coba untuk bertahan
Namun aku tak sanggup

Uwoooooo…

Reff II:
Terserah kali ini
Sungguh aku tak ‘kan perduli
Ku tak sanggup lagi
Jalani cinta denganmu
Biarkan ku sendiri
Tanpa bayang-bayangmu lagi

Ku tak sanggup lagi

Mulai kini semua
Terserah…

Hou u u u u u uuu…


Gak tahu ni lagu ngepas aja dengan suasana, donlod ni lagu sudah lama, tapi baru terasa sekarang nikmatin ni lagu, hehehehhe

Baca selengkapnya...

Wednesday, August 06, 2008

Tren Artis Jadi Pejabat Part 2

Setelah sebelumnya saya pernah memposting hal ini disini. Ternyata setelah beberapa bulan dari postingan itu memang makin banyak artis yang bermunculan menjadi pejabat negara. Mulai dari gubernur, anggota dewan, sampai bupati.

Untuk akhir-akhir ini, mungkin yang paling heboh yaitu munculnya sosok Primus Yustisio yang mencalonkan diri menjadi cabup Subang (kabupaten Jawa Barat) serta sang Raja Kuis Helmy Yahya sebagai calon wakil gubernur Sumatera Selatan. Selain itu ada Dicky Chandra, Eko Patrio untuk anggota dewan, serta masih banyak lagi.

Akankah ini menjadi akal-akalan dari partai politik untuk menarik simpatisan sebanyak-banyaknya, ataukah para calon tersebut memang mempunyai kredibilitas yang tinggi. Mungkin saya tidak menampik sosok Helmy Yahya, beliau memang seorang dosen di STAN dan mengambil studi di Amerika untuk gelar Master Accountingnya. Ah sudahlah kita lihat saja nanti, bagaimana mereka akan memimpin nanti.

Jangan saja, mereka stress seperti sosok HMZ Yuli Nursanto yang menjadi gila, gara-gara kalah dalam pemilihan Bupati Ponorogo. Berita terkait anda dapat baca disini dan disini

Baca selengkapnya...

Thursday, July 31, 2008

Have to Miss A Leader, and Friends

Jujur, baru kali ini pisah sampai harus nangis. Kehilangan seorang leader, yang sudah mimpin selama 1 Tahun. Bahkan juga harus kehilangan rekan kerja yang gokil.

Walau masih bisa ketemu di wongkito dengan Mbak Nike, tapi jelas beda rasanya. Dengan kak Hanz, pada saat dia kuliah. Begitu juga Alfred, gak ada lagi canda tawa pada saat kerja, yang jadi makan sehari-hari kami semua.

Sukses selalu buat kalian semua. Ini emang bukan akhir dari segalanya. Saya juga yakin ini hanya sebuah batu loncatan untuk mencapai lebih baik, karena there is a will, there is a way. I love u all friends.

Baca selengkapnya...

Tuesday, July 29, 2008

Blog Sriwijaya Naik Rank, Blog Baru Menyusul

Baru cek blog SFC saya dengan Mas Koko, eh ternyata pageranknya sudah naik lagi jadi 3. Gak sia-sia sering update blog itu untuk para pecinta Sriwijaya F.C.

Emang kalau dilihat-lihat respons sama blog SFC itu lumayan kenceng(pede banget), tapi kalau gak percaya coba deh search di-google dengan keyword Sriwijaya F.C. tuh blog nongol paling depan.

Btw, busway, monorail, kereta api(hala keluar nama kendaraan) saya sekalian mau promo blog baru, dalam bahasa Inggris gitu, ya tujuannya biar global sama ngelatih tuh bahasa yang sekarang rada belepotan. Alamatnya disini, ya buat-buat temen-temen yang rajin ya main kesana biar cepet nyusul kakaknya naik rank yang lebih tinggi, hehehee.

Baca selengkapnya...

Tuesday, July 22, 2008

Wongkito Masuk Sekolah a.k.a WKGTS

Gebrakan baru lagi dari Komunitas Blogger Wongkito. Kali ini yaitu sosialisasi dunia blogging ke sekolah, acara sendiri dikemas dengan tema Wongkito Goes to School. Acara sendiri akan dilaksanakan di SMU Negeri 3 Palembang pada tanggal 26 Juli 2008 pada pukul 11.00-selesai.

Gebrakan positif ini tentunya mendapat dukungan dari berbagai pihak antara lain:
  1. Dinas Inforkom Palembang
  2. Dagdidug (wordpress MU Enda Nasution)
  3. Bita Edukasi
  4. PalembangCity
  5. Pal TV
  6. Sonora FM
  7. Speedy Telkom
Diharapkan dengan adanya acara ini, minat menulis para pelajar akan meningkat. So guys, mari kita sukseskan acara ini.

Baca selengkapnya...

Monday, July 14, 2008

Indonesia Super League (Menuju Industri Sepakbola Indonesia Modern)

Sabtu kemarin kick off ISL telah dimulai dimana tim kebanggaan wongkito membuka pertandingan melawan Persipura yang berkesudahan 2-2 Ada juga beberapa pertandingan yang ulasannya dapat anda baca disini.

Saya seneng banget lihat permainan yang saya tonton di layar kaca ANTV, semua tim memang menunjukkan kelas permainan yang kualitasnya sangat menghibur penonton. Banyak sekali hal-hal yang membuat decak kagum, gol-gol kelas dunia, skil-skil di atas rata-rata serta permainan yang tidak lagi mengandalkan formasi klasik liga Indonesia sebelumnya yaitu 3-5-2.

Mungkin kalau kalian pada nonton partai SFC vs Persipura rasanya kita sudah melihat adanya kemajuan kelas permainan, gaya permainan open play, 1-2 sentuhan, juggling indah. Walau sedikit ternoda oleh penonton di tribun barat yang melempar botol karena emosi(yang ini harus dihilangin dunk).

Tambah lagi semalam, saat Persib membungkam Persela 5-2. Harapan saya dengan adanya kompetisi penuh Indonesia Super League, bisa menjadikan sepakbola Indonesia benar-benar mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik dari segi permainan sampai dengan namanya kedisplinan serta no anarki dan rasisme.

Baca selengkapnya...

Tuesday, July 08, 2008

Narsis Lagi...:)

Hari ini iseng-iseng, kepala pusing tahu-tahu ada ide buat edit foto saya. Lumayan simple sih, inget-inget aja majalah remaja gitu lihat di web, eh tahu-tahunya jadinya gini deh...
Maaf buat teman-teman WK, pake logonya sekalian promosi WK di majalah saya, heheh...he..

Baca selengkapnya...

Thursday, July 03, 2008

Palembang Markas Teroris

Sumpah pagi kemarin saya benar-benar surprise waktu baca koran di headlinenya kalau di daerah 20 Ilir tepatnya belakang hotel Sahid Imara adalah markas teroris jaringan internasional. Gila, kok bisa ya mereka leluasa banget masuk kota yang dinilai lumayan aman dari ancaman-ancam seperti itu.

Penasaran atas berita itu, semalam selesai pulang kuliah saya membuka TV One karena acara-acara berita di stasiun ini bagus menurut saya. Benar banget rupanya, acara Apa Kabar Indonesia meliput secara langsung kalau jumlah tersangka teroris yang diamankan yang awalnya diketahui ada 2 orang bertambah menjadi 9 orang. Gilanya lagi bom yang mereka simpan dan rakit, kalau meledak besarnya lima kali bom Bali.

Wah gak kebayang, kalau bom itu diledakkan di kota Palembang ini. Habis pastinya sebagian kota Palembang. Yang saya heran tapi kenapa POLDA SUMSEL menilai kurang tahu atas penangkapan ini, seharusnya mereka langsung tahu, walau sebenarnya yang melakukan penangkapan secara langsung tim dari Detasemen 88 dan Brimop Polda Sumsel yang di Bukit Besar. Dengan kejadian ini tentunya kita harus lebih hati terhadap orang-orang asing. Rencananya para tersangka akan dibawa ke Jakarta pagi tadi, semoga teroris bisa ditanggulangi, kasihan orang yang tidak bersalah, walau mereka membawa nama Islam katanya, tapi sesungguhnya Islam tidak mengajarkan kekerasan

Baca selengkapnya...

Monday, June 30, 2008

Spanyol Perfect

Selamat buat Spanyol alias Spain alias Espana. Semalam mereka bermain taktis sekali walau hanya menang 1-0 tapi itu sudah cukup mengantar mereka menjadi penguasa benua biru.

Spanyol memang mengkilap tidak satu pun kekalahan mereka dera. Diawali di partai pembuka dengan kemenangan 4-1 atas Rusia dan ditutup di final dengan mengalahkan Jerman 1-0. Kesempurnaaan makin lengkap setelah David Villa dinobatkan sebagai top scorer.

Sangat luar biasa perjalanan anak asuhan Luis Aragones ini. Bagi Aragones, ini adalah penutup yang sensaional karena partai semalam menjadi partai terakhir bagi dia sebelum melatih Fenerbache. Spanyol sendiri di PPD 2010 akan dilatih oleh Vicente Del Bosque, mantan pelatih Real Madril. Sekali lagi selamat buat Spanyol.

Baca selengkapnya...

Thursday, June 26, 2008

Racun Dunia yang Membuat Lupa

Kalimat racun dunia, saat ini lumayan populer, gara-gara The Changcuters punya lagu ini. Tapi kalau kita hayati, racun dunia emang bisa membuat orang lupa, tapi racun dunia disini bukan wanita saja yang saya maksud tapi ada dua aspek lagi yaitu harta dan tahta, jadi tiga unsur ini biasanya dikenal orang dengan tiga Ta.

Wanita, terkhusus kaum pria untuk menahan godaan terhadap penghias hidup satu ini memang bukan perkara mudah. Bukan saya membela kaum laki-laki tapi godaan wanita pastinya mempunyai taste tersendiri untuk menaklukkan iman seorang pria.

Ta yang kedua yaitu harta. Masih ingat kalian dengan kisah si Qorun dengan segala ketamakannya, sehingga sampai sekarang namanya abadi menjadi harta karun, itu contoh besar orang lupa Tuhan karena harta. Apabila harta telah menguasai kita, bukan kita yang menguasai harta, semua kehidupan ini akan hancur. Mungkin saya gak layak untuk menyebut salah satu contoh terdekat dalam lingkungan saya. Tapi apabila kesilauan harta telah mengenai manusia, segala hal diabaikan, entah itu namanya tenggang rasa, dosa dan lain sebagainya.

Ta yang ketiga yaitu tahta. Kedudukan yang tinggi, juga akan membuat kita lupa siapa diri kita sebenarnya, semua orang diperlakukan semena-mena. Mengejar tahta membuat kita lupa akan lingkungan, lupa bahwa di atas langit masih ada langit.

Jadi semoga kita terjauh dari hal-hal yang bisa membuat kita lupa. Semoga apabila kita dititipi tiga hal di atas kita dapat menjaganya, bukan membuat kita lalai. Amin ya rabbal'alamin

Baca selengkapnya...